Spesifikasi Samsung Galaxy S8 Lengkap Beserta Harga Terbaru

Oleh | pada 10 Jun, 2017 | 0 Komentar

Akhirnya… Inilah ponsel flagship terbaru dari Samsung yang selalu ditunggu-tunggu tiap tahun. Setelah di tahun 2016 sukses meluncurkan dua ponsel flagship; Samsung Galaxy S7 dan Galaxy S7 Edge; di tahun 2017 ini Samsung kembali memperbarui smartphone flagship-nya yang dijuluki Samsung Galaxy S8 dan Samsung Galaxy S8+.

Samsung Galaxy S8

Samsung Galaxy S8

Review Samsung Galaxy S8

Tidak dapat dipungkiri, tahun lalu Samsung tertimpa musibah mengenai Galaxy Note 7 yang bisa meledak, dan sepertinya tahun ini Samsung ingin mengembalikan citra baiknya dengan cara meluncurkan ponsel yang berbeda dari lainnya. Seperti yang dapat Anda lihat pada gambar di atas, bagian depan Galaxy S8 hampir sepenuhnya layar (85%) serta tidak memiliki tombol fisik satupun seperti seri Galaxy S sebelumnya. Diperkirakan, jarak antara layar dan bezel atas / bawah milik Galaxy S8 hanya 9 mm saja sehingga dijuluki infinity screen.

Hilangnya tombol home yang sebelumnya terintegrasi dengan sensor pemindai sidik jari membuat layar Samsung Galaxy S8 semakin luas. Pada bagian atas dan bawah terdapat bezel yang sangat tipis sebagai wadah untuk menempatkan berbagai sensor. Sedangkan tepian layarnya dibuat melengkung ala Samsung Galaxy Edge series. Kabarnya smartphone ini akan mengusung layar ber-resolusi Quad HD @ 1440 x 2960 pixel, dengan perbandingan aspect ratio sebesar 18.5:9. Alhasil, smartphone ini dapat mengalahkan LG G6 yang memiliki layar 5.7 inci dengan resolusi 1440 x 2880 pixel.

Desainnya terlihat sangat indah dan jauh lebih premium dibandingkan smartphone flagship sekelasnya. Adapun ukuran dimensinya yang memiliki ukuran panjang 148.9 mm, lebar 68.1 mm, dan ketebalan 8 mm. Sedangkan bobotnya seberat 155 gram. Menariknya lagi, smartphone ini memiliki casing belakang yang dilapisi kaca Corning Gorilla Glass 5. Anda juga tidak perlu takut membawa ponsel ini untuk berenang, karena smartphone ini sudah mengantongi sertifikat IP68.

Desain Samsung Galaxy S8

Desain Samsung Galaxy S8

Di atas layarnya telah terpasang sensor pemindai mata atau Iris Scanner. Tersedia pula kamera depan ber-resolusi 8 megapixel yang memiliki bukaan lensa f/1.7 serta fitur Auto HDR. Kemudian untuk bagian belakang, Galaxy S8 memiliki sensor pemindai sidik jari yang ditempatkan di sebelah kamera utamanya yang memiliki resolusi 12 megapixel. Kemampuan kameranya tentu saja di atas rata-rata dan sebanding dengan harga Samsung Galaxy S8 yang tergolong mahal. Kameranya tersebut memiliki bukaan lensa f/1.7 berukuran 26 mm dan dilengkapi beberapa fitur pendukung seperti Phase Detection Autofocus, OIS, dan LED Flash.

Komponen hardware terbaik telah tertanam di dalam Samsung Galaxy S8. Smartphone ini di dukung oleh chipset Qualcomm MSM8998 Snapdragon 835 yang berprosesor Octa-Core 64-bit dengan konfigurasi Quad-Core 2.45 GHz Kryo + Quad-Core 1.8 GHz Kryo. Lalu ada pula GPU Adreno 540 yang dijamin akan meningkatkan perfoma Galaxy S8 ketika menjalankan berbagai macam aplikasi dan game yang sudah terinstall di dalam memori internal maupun memori eksternal. Berbicara soal penyimpanan, Galaxy S8 dipasarkan dalam dua pilihan varian memori yaitu 64 GB dan 128 GB.

Sayangnya untuk pasar Indonesia, smartphone ini mengusung chipset yang berbeda dengan Amerika Serikat. Di pasar EMEA, Samsung menggunakan chipset Exynos 8895 yang di integrasikan dengan prosesor Octa-Core dengan konfigurasi Quad-Core 2.3 GHz + Quad-Core 1.7 GHz. Meskipun hanya terdapat sedikit perbedaan saja dalam hal clock-nya, namun tetap saja Galaxy S8 untuk pasar EMEA ini lebih lambat ketimbang untuk pasar AS. Kelebihan chipset Exynos 8895 ialah, ia dibuat dengan model FinFET dengan transistor berukuran 10 nm yang membuatnya memiliki konsumsi baterai lebih rendah namun tetap mempertahankan aspek responsif.

Pilihan Warna Samsung Galaxy S8

Pilihan Warna Samsung Galaxy S8

Harga Samsung Galaxy S8 model 128 GB dipastikan lebih mahal ketimbang harga Samsung Galaxy S8 64 GB karena ia memiliki media penyimpanan yang kapasitasnya lebih besar sehingga mampu menampung lebih banyak aplikasi dan game. Kemudian untuk sektor suplai daya, smartphone ini dibekali baterai berkapasitas 3.000 mAh dengan fitur Fast Charging (Quick Charge 2.0) yang mampu mengisi baterai dengan sangat cepat. Selain itu, tersedia pula beragam sensor pendukung yang terdiri dari accelerometer, gyro, proximity, compass, barometer, heart rate, dan SpO2. Sama seperti Samsung Galaxy S7, ponsel pintar ini juga mendukung teknologi 4G LTE. Namun kecepatan internetnya sedikit lebih cepat dibandingkan pendahulunya. Hal tersebut karena Galaxy S8 mengadopsi teknologi 4G LTE Cat16 yang bisa digunakan mengunduh file dengan kecepatan 1 Gbps.

Harga Samsung Galaxy S8 yang mahal membuat smartphone ini memiliki fitur konektivitas sangat lengkap. Anda akan mendapatkan slot kartu hybrid yang bisa digunakan untuk mengaktifkan fitur Dual SIM ataupun memakai memori eksternal. Selain itu, tersedia pula konektivitas NFC, Bluetooth 5.0, GPS (A-GPS, Glonass, BeiDou), dan Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac Dual Band. Sama seperti Samsung Galaxy Note 7, smartphonr ini juga mengadopsi port USB Type-C yang mempermudah pengisian baterai dan mempercepat transfer data dari komputer.

Spesifikasi Samsung Galaxy S8

Jaringan3G, HSPA, EDGE, 4G LTE
SIMDual SIM, Nano SIM
Dimensi148.9 x 68.1 x 8 mm
FiturIP68 ( tahan air )
3D Touch display
Always-on display
LayarLayar 5.8 Super AMOLED ( 1440 x 2960 piksel )
Kerapatan ~568 ppi
Gorilla Glass 5
Sistem OperasiOS Android v 7.0 Nougat
TouchWiz UI
ChipsetChipset Exynos 8895
CPU Octa-core (4x 2.3 GHz & 4x 1.7 GHz)
GPU Mali G71 MP20
PenyimpananRAM 4 GB
Memori Internal 64 GB
Memori Eksternal up to 256 GB
KameraKamera Utama 12 MP, f/1.7, 26mm, phase detection autofocus, OIS, LED flash
Video : 2160p@30fps
Kamera Depan 8 MP, f/1.7, dual video call, Auto HDR
KonektivitasWIFI, 802 .11 a/ b/g/nt, WI-FI hotspot, Bluetooth v4.0 ,A2DP, GPS – A GPS
Micro USB v 2.0, USB OTG
SensorIris scanner, Fingerprint, Acelerometer, proximity, Ambient Light, GyroscopeCompass
BateraiNon-Removable, Li-Ion 3000 mAh
WarnaBlack, White, Gold, Silver, Pink Gold

Kelebihan Samsung Galaxy S8

  • Desain: Memiliki pelindung Corning Gorilla Glass 5 pada tutup casing belakangnya sehingga memberikan tingkat ketenangan lebih baik saat belum dilapisi soft case.
  • Layar: Dukungan resolusi Quad HD @ 1440 x 2960 membuat layar Galaxy S8 terlihat sangat jernih dan natural. Tidak lupa juga Samsung telah menambahkan kaca pelindung Corning Gorilla Glass 5 untuk melindungi layarnya dari goresan dan debu.
  • Dapur Pacu: Samsung Galaxy S8 ditenagai oleh prosesor Octa-Core 64-bit dengan masing-masing prosesor yang memiliki kecepatan sangat baik (2.3 GHz & 1.7 GHz). Ia juga dibekali GPU Mali-G71 MP20 yang dijamin akan mampu memuaskan aktivitas multimedia dan gaming Anda.
  • Kamera: Kamera 12 megapixel milik Galaxy S8 dilengkapi fitur perekam video berkualitas 4K 2160p@30fps.
  • Sumberdaya: Dukungan fast charging Quick Charge 2.0 membuat ponsel ini dapat di isi ulang dari 0% sampai 80% hanya dalam waktu kurang dari 1 jam.

Kekurangan Samsung Galaxy S8

  • Penyimpanan: Tidak seperti ponsel lain dengan harga yang setara, Samsung Galaxy S8 hanya dibekali memori RAM sebesar 4 GB saja sehingga dinilai kurang besar oleh sebagian pecinta gadget.
  • Desain: Tidak adanya tombol home pada ponsel ini membuat sebagian pengguna kesulitan saat akan menyalakan layarnya.
  • Sensor: Sensor fingerprint yang diletakan di bagian belakang dinilai kurang tepat dan menyulitkan pengguna.

Harga Samsung Galaxy S8

Seperti yang sudah kita ulas bersama di atas, meski harga Samsung Galaxy S8 tergolong mahal, sayangnya smartphone ini tidak mengadopsi RAM 6 GB atau RAM 8 GB seperti ponsel dengan harga yang setara lainnya. Anda harus puas dengan RAM berkapasitas 4 GB saja yang dipercaya untuk membantu meningkatkan perfoma chipset Qualcomm Snapdragon 835 atau Exynos 8895. Selain itu, telah tersedia beberapa fitur pendukung yang terdiri dari Always-On display, Samsung Desktop Experience, dan tersedia fitur 3D Touch yang terintegrasi pada layarnya. Lalu berapakah sebenarnya harga Samsung Galaxy S8 tersebut? Saat ulasan ini diterbitkan, harga Samsung Galaxy S8 di Indonesia berkisar Rp. 10.000.000 (baru) dan bekas Rp. 8.500.000.

Label: AdrenoAndroid NougatDual SIMExynosFingerprintIris ScannerMaliOcta CoreQualcommRAM 4GB harga dan warna samsung s8spesifikasi samsung galaxy s8harga samsung s8harga samsung galaxy s8samsung galaxy s8kelebihan exynos emmeareview harga galaxy s8 indonesiaspesifikasi galaxy s8 terbaru

Tentang Penulis

Netrix Ken

Netrix Ken
  • Profil Penulis

Bekerja sebagai System Administrator dan Web Developer di AskNet Media dalam 5 tahun terakhir. Ia seseorang yang aktif di Internet, dan suka berbagi tips dan tutorial seputar dunia IT.

Baca Juga

  • Harga Samsung Galaxy J1 Ace Diluncurkan di India Hanya 1.35jt

    Harga Samsung Galaxy J1 Ace Diluncurkan di India Hanya 1.35jt

    15 Jul, 2017 - 0 KomentarHarga Samsung Galaxy J1 Ace Diluncurkan di India Hanya 1.35jt - Samsung Galaxy J1
  • Samsung Galaxy S 10.5: Review, Harga dan Spesifikasi Lengkap

    Samsung Galaxy S 10.5: Review, Harga dan Spesifikasi Lengkap

    10 Jan, 2015 - 0 KomentarSamsung Galaxy S 10.5: Review, Harga dan Spesifikasi Lengkap - Samsung yang cukup
  • Harga dan Spesifikasi Lengkap Samsung Galaxy Core Duos

    Harga dan Spesifikasi Lengkap Samsung Galaxy Core Duos

    10 Jun, 2017 - 1 KomentarHarga dan Spesifikasi Lengkap Samsung Galaxy Core Duos - Vendor Samsung telah
  • Info Rilis, Spesifikasi, dan Harga Samsung Galaxy S6

    Info Rilis, Spesifikasi, dan Harga Samsung Galaxy S6

    30 Jun, 2017 - 0 KomentarInfo Rilis, Spesifikasi, dan Harga Samsung Galaxy S6 - Ponsel pintar yang
  • Review Samsung Note Terbaru, Samsung Galaxy Note 4

    Review Samsung Note Terbaru, Samsung Galaxy Note 4

    22 Mei, 2017 - 0 KomentarReview Samsung Note Terbaru, Samsung Galaxy Note 4 - Untuk para pencita prodak

Tinggalkan Komentar

Kirim Komentar

© 2017 Spesifikasi Harga. Hak cipta dilindungi.
Dibawah lisensi AskNet Media.