Review Android Lollipop 5.x Pada Samsung Galaxy S4

Oleh | pada 15 Apr, 2017 | 2 Komentar

Pada tulisan kali ini, spesifikasiharga.com akan mengulas sistem operasi terbaru dari Android, yakni Android Lollipop 5.x menggunakan smartphone Samsung Galaxy S4.

Smartphone Samsung Galaxy S4 awalnya dirilis menggunakan sistem operasi Android 4.2.2 Jelly Bean, namun tidak lama kemudian Samsung Galaxy S4 mendapat update Android 4.4 KitKat, dan pada Januari 2015, Samsung mengumumkan rilis Android Lollipop untuk Samsung Galaxy S4.

Seperti yang kita ketahui, Samsung selalu menggunakan antar muka custom yang dijuluki ToucWiz UI pada semua smartphone Android mereka. Itu sebabnya pada firmware Android 5 Lollipop pada Samsung Galaxy S4 terasa sedikit berbeda dari firmware stock Android Lollipop.

Antar muka yang akan saya ulas di bawah ini juga hadir di smartphone Samsung Galaxy Android lainnya seperti Galaxy Note 3, Note 4, Note Edge, Galaxy S6, Galaxy S5, Galaxy Alpha, dan banyak lagi. Yukk, langsung saja kita intip bagaimana UI terbaru dari sistem operasi Android terbaru ini.

Pertama-tama, saya akan membahas mengenai antar mukanya. Samsung akhirnya mengganti antar muka yang serba hitam dengan warna-warna baru yang menyegarkan berbasis pada material design. Sebelumnya Samsung selalu menggunakan warna gelap pada semua smartphone Android-nya. Namun semenjak Android Lollipop dirilis, Samsung memperkenalkan sebuah antar muka yang bersih dan dengan warna yang segar seperti yang ada pada firmware stock Android Lollipop.

Quick Setting Android Lollipop

Quick Setting Android Lollipop

Seperti yang dapat Anda lihat pada gambar di atar, tombol Quick Settings (yang juga dikenal dengan tombol Toggle) di notifikasi panel kini berbentuk bulat, tidak lagi kotak seperti pada versi Android Sebelumnya. Samsung juga menambahkan 2 tombol ekstra yakni “S Finder” dan “Quick Connect” pada notifikasi panel. Anda tidak dapat menghilangkan kedua tombol ini tanpa mengubah file systemUI.

Fitur baru yang diberi nama “Interruptions” (bebas gangguan) juga telah ditambahkan yang memungkinkan Anda untuk mematikan semua suara atau suara event tertentu seperti alarm, pengingat, panggilan telepon, pesan, dan sebagainya.

Berbicara mengenai tampilan aplikasi, pada Android Lollipop kini terlihat lebih bersih dan cerah. Samsung telah menyingkirkan semua tabs seperti widget, downloads, dll. Kini yang terlihat hanya tampilan aplikasi, tidak ada yang lain. Anda juga mungkin akan melihat berbagai ikon flat pada aplikasi bawaan Lollipop seperti Kontak, Telepon, Pesan, Jam, Kamera, Galeri, dan sebagainya.

Aplikasi Bawaan Android Lollipop

Aplikasi Bawaan Android Lollipop

Samsung telah menambahkan kembali kemampuan untuk menyembunyikan aplikasi yang tidak dapat di hapus seperti aplikasi bawaan atau aplikasi OEM. Jika Anda masih ingat, Samsung menghapus fitur ini semenjak Android KitKat 4.4. Namun akhirnya fitur tersebut ditambahkan kembali seperti yang terlihat pada gambar berikut ini.

Menu Menyembunyikan Aplikasi

Menu Menyembunyikan Aplikasi

Karena ukuran firmware Android Lollipop cukup besar, Samsung akhirnya menghapus beberapa aplikasi OEM dari firmware tersebut, namun Samsung menambahkan pilihan “Galaxy Essentials” pada menu tamoilan aplikasi untuk menndownload dan menginstall aplikasi yang sudah dihilangkan melalui server Samsung.

Aplikasi Settings kini menggunakan background warna putih dengan paduan warna cerah yang terlihat menarik.

Setting Android Lollipop

Setting Android Lollipop

Hal yang sama pada tampilan Panggilan Telepon.

Dialler Android Lollipop

Dialler Android Lollipop

Dan saya yakin, Anda pasti akan menyukai keyboard pada OS Android terbaru ini.

Keyboard Android Lollipop

Keyboard Android Lollipop

Dapat dilihat, pada keyboard terbaru ini terlihat bersih dan mendapat spasi yang lebih lebar diantara tombol agar pengoprasian lebih mudah.

Tampilan Recent Apps juga telah di desain ulang secara massal. Kini terlihat seperti gambar kartu tumpuk 3 dimensi yang memperlihatkan gambar dari aplikasi itu sendiri.

Recent Apps Android Lollipop

Recent Apps Android Lollipop

Satu hal yang saya tidak suka dari Android Lollipop ini, yaitu telah dihilangkannya tombol Sound yang sebelumnya dapat digunakan untuk mematikan semua suara secara langsung dan untuk menonaktifkan mode getar. Kini pada menu power hanya terlihat 3 pilihan, yakni Power off, Airplane mode, dan Restart.

Menu Power Android Lollipop

Menu Power Android Lollipop

Firmware terbaru ini juga hadir dengan games rahasia yang dijuluki Easter Egg. Kali ini Google menggunakan game sejenis Flappy Bird yang dapat dibilang cukup sulit untuk dimainkan.

Rahasia Easter Egg

Rahasia Easter Egg

Selain hal diatas, Samsung juga menghapus tombol Senter dari Quick Settings pada panel notifikasi karena mempertimbangkan bahwa sudah ada aplikasi serupa yang dijuluki “Assistive Light” yang dapat Anda gunakan untuk senter juga.

Label: Android LollipopSamsung Galaxy S4 spesifikasi s4 versi lolipokelebihan upgrade samsung s4 ke lolypopspek samsung s4 lollipop romapa keuntungan men apgrade sam s4 ke lolipopapakah samsung s4 bisa lolipop 2016fungsi OEM android lollipopkelebihan android lollypop s4untuk samsung s4 di upgrade lolipop berapa derajat panas nyaversi android s4samsung s4 versi androidnyasamsung s4 .versi android gak ada tombol 4 x 3tampilan samsung android lollipopmenghilangkan tampilan galaxy essential di layartampilan samsung s4 jelly beanreview tampilan upgrade s4

Tentang Penulis

Netrix Ken

Netrix Ken
  • Profil Penulis

Bekerja sebagai System Administrator dan Web Developer di AskNet Media dalam 5 tahun terakhir. Ia seseorang yang aktif di Internet, dan suka berbagi tips dan tutorial seputar dunia IT.

Baca Juga

  • Review Spesifikasi Samsung Galaxy J1 Ace Neo Beserta Kelebihan & Kekurangan

    Review Spesifikasi Samsung Galaxy J1 Ace Neo Beserta Kelebihan & Kekurangan

    20 Jan, 2017 - 0 KomentarTidak lama setelah meluncurkan Galaxy J Max dan Galaxy J 2 (2016), kini Samsung kembali
  • Review Kelebihan dan Kekurangan Spesifikasi Samsung Galaxy J3

    Review Kelebihan dan Kekurangan Spesifikasi Samsung Galaxy J3

    6 Feb, 2017 - 0 KomentarReview Kelebihan dan Kekurangan Spesifikasi Samsung Galaxy J3 - Hari ini, Samsung
  • Review Samsung Galaxy Note 5 Active, Layar QHD Bersertifikat IP68

    Review Samsung Galaxy Note 5 Active, Layar QHD Bersertifikat IP68

    25 Agu, 2015 - 2 KomentarReview Samsung Galaxy Note 5 Active, Layar QHD Bersertifikat IP68 - Dewasa ini,
  • Akankah Samsung Galaxy J5 & J5 (2016) Mendapatkan Android Nougat?

    Akankah Samsung Galaxy J5 & J5 (2016) Mendapatkan Android Nougat?

    27 Jan, 2017 - 0 KomentarSamsung tergolong produsen smartphone yang lambat jika dikaitkan soal upgrade-mengupgrade.
  • Download dan Install ROM Android Lollipop Untuk Samsung Galaxy Note 2

    Download dan Install ROM Android Lollipop Untuk Samsung Galaxy Note 2

    20 Jan, 2017 - 33 KomentarHingga saat ini, Samsung masih belum merilis ROM Android Lollipop bagi pengguna Samsung Galaxy Note

2 Komentar ke "Review Android Lollipop 5.x Pada Samsung Galaxy S4"

  1. Gladies berkata:

    Beberapa bulan lalu sy upgrade S4 sy ke Lolipop. Muncul assitive touch spt di iphone, cm yg ini bentuknya kotak. Pdhl S4 punya teman2 sy tidak ada yg spt itu. Tp masalahnya skrg sudah cukup lama jg no axis jd tiba2 tidak bisa dipasang di S4 ini. Yg terbaru sebagian no 3 jg tidak bs dipasang disini. Pdhl sy tidak merubah setingan apapun. Adakah yg tau ini kenapa dan sy harus bagaimana??? Krn sy butuh utk no axis itu. Tp utk no sy itu malah tidak bisa. Keterangannya selalu tidak terdaftar pd jaringan. Pdhl muncul gambar sinyal. Hal tsb jg tjd utk no 3 yg sdh pernah dipasang di S4 ini. Mohon bantuannya segera. Terima kasih.

Tinggalkan Komentar

Kirim Komentar

© 2017 Spesifikasi Harga. Hak cipta dilindungi.
Dibawah lisensi AskNet Media.